Doa Yang Berkuasa

Matius 21 : 22

Odoo CMS- Sample image floating

Dalam hidup, kita diperhadapkan dengan berbagai pilihan. Sejak kita bangun di pagi hari, memilih sarapan, pakaian, ke tempat kerja menggunakan apa….hingga kita tidur di malam hari pukul berapa adalah pilihan-pilahan yang ada dalam hidup kita yang harus kita ambil.

Bahkan selain itu, pilihan – pilihan hidup itu tidak hanya sebatas pada hal-hal yang sederhana, melainkan juga pilihan yang sulit dalam hidup. Tentang anak, keluarga, keuangan, pekerjaan, pelayanan, dsb.

Banyak orang melupakan 1 hal yang sangat penting saat mereka harus mengambil keputusan, memilih,memiliki harapan dan saat berada dalam masalah hidup mereka yaitu DOA. Karena lebih berfokus pada masalah, tenggat waktu yang diberikan, dan kekuatan, uang, serta kepandaian diri dan mengandalkan relasi yang dimiliki.

Dalam doa, kita bisa mempertanyakan keputusan-keputusan hidup kita, masalah, dan harapan-harapan kepada Tuhan. Karena bagi saya, doa adalah cara kita berkomunikasi dengan Tuhan. Kita dapat bercerita apa saja kepada Tuhan tentang hidup kita bahkan mengenai keputusan-keputusan hidup yang harus kita ambil.

“ Dan apa saja yang kamu minta dalam doa dengan penuh kepercayaan kamu akan menerimanya. “ Tuhan bekerja dalam hidup kita senantiasa. Tuhan Allah ingin hadir selalu dalam hidup kita. Karena kitalah milik-Nya yang sangat berharga. Namun seringkali kita melupakan Tuhan, dan tidak percaya kepada-Nya. Bahwa Ia sanggup melakukan berbagai hal yang terbaik bagi hidup kita. Mungkin bukan hal yang kita inginkan, tetapi pasti yang terbaik bagi kita.

Dengan percaya kita menyerahkan kehidupan kita sepenuhnya kedalam tangan Tuhan. 

Sebagai seorang pendatang baru di kota besar Surabaya ini, di awal pernikahan kami tidak memiliki apa-apa. Sebagai seorang yang sudah menikah, tentunya harapan kami terbesar adalah kami bisa memiliki rumah sendiri  dan hidup mandiri. Suatu hari, saat lewat di suatu tempat, saya berkata kepada orang tua saya. “Ma….kalau Tuhan berkenan saya ingin memiliki rumah di daerah itu…..”. 

“Kalau Tuhan berkenan….” Saya mengucapkan kata-kata itu …..saya menyerahkan diri saya kepada Tuhan dan percaya Tuhan mendengarkan. 

Setiap malam, keinginan saya itu saya bawa dalam Doa….dan kembali saya berkata “ Kalau Tuhan berkenan….”. Kami bekerja dan berusaha mengumpulkan uang sedikit demi sedikit. Untuk mewujudkannya. Tapi tabungan kami masih jauh dari harapan memiliki sebuah rumah kecil. Hingga beberapa Tahun berlalu. Suatu saat saya mendapat berkat dari orang tua saya untuk mewujudkan keinginan saya itu. Dan kami mencari lokasi perumahan kecil yang masih terjangkau bagi kami. Dan ternyata pilihan kami jatuh pada daerah dimana dulu saya pernah mendoakannya. Saya baru menyadarinya, setelah rumah kecil kami sudah mulai dibangun. 

Saya bersujud syukur kepada Tuhan untuk jawaban doa yang kami terima setelah beberapa tahun lamanya. Ternyata Tuhan tidak pernah melupakan permohonan kami. Dan dia menjawab tepat saat kami akan memiliki anak pertama kami. 

Di setiap pilihan hidup, tantangan, masalah, harapan, terkadang kita merasa Tuhan tidak akan segera menjawab doa-doa kita. Tapi itulah yang terbaik bagi kita. Saat Tuhan berkata “ tunggu “ kita dapat meminta Tuhan, memberikan kita kemampuan untuk terus berdoa dan berharap….serta berusaha.

Saat Tuhan mengatakan “ Tidak “ untuk doa kita, kita dapat meminta Tuhan memberikan kita kekuatan dan hati yang rela untuk melepaskan atau kekuatan untuk menghadapinya. Karena apa yang terjadi dalam hidup kita semua ada dalam perkenanan/ kehendak Tuhan.

Teruslah berdoa, jangan berhenti berharap, percayalah kepada Tuhan karena Ia akan memberikan yang terbaik bagi kita tepat pada waktunya. 

Terpujilah Tuhan Yesus, yang selalu menjawab doa kita tepat pada waktu-Nya.

Pokok Doa

Terima kasih Tuhan untuk berbagai pilihan dalam hidup yang harus aku ambil, setiap masalah dan tantangan yang harus aku lalui, dan setiap harapan yang selalu aku impikan. Ajar aku untuk selalu berkata "jika Tuhan berkenan..." sehingga aku tahu hidupku ada dalam kehendak Bapa. Ajar aku tetap berdoa dan berharap padaMu, karena yang terbaik pasti akan Kau berikan padaku. Amin.